Daftar Universitas Jurusan Logistik yang Dapat Dijadikan Rujukan

Daftar Universitas Jurusan Logistik yang Dapat Dijadikan Rujukan - pendidikanutama.com
Daftar Universitas Jurusan Logistik yang Dapat Dijadikan Rujukan - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Jurusan Logistik menjadi pilihan yang kian menarik untuk setiap siswa yang baru saja atau hendak menyelesaikan pendidikan SMA. Lantaran, karena ketersediaanya yang masih terbilang jarang, maka peluang untuk sukses di jurusan ini semakin besar. Terlebih prospek kerja lulusannya pun sangat beragam. Penasaran mengenainya? Simak saja pembahasan universitas jurusan Logistik di bawah dengan seksama! Supaya tidak terlewat sedikitpun informasi menarik tentangnya, sebagai berikut: 

Mengenal Jurusan Logistik

Membahas seputar logistik, erat kaitannya dengan suatu kegiatan merencanakan, mengelola, monitoring, hingga mengendalikan sumber daya yang ada. Apa saja sumber daya yang dimaksud? Sumber daya logistik, meliputi barang, informasi, energi, aliran uang, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, di jurusan ini juga diajarkan mengenai proses peletakan atau penataan gudang guna memaksimalkan kapasitas tempat yang ada. Serta sebagai salah satu upaya untuk meminimalisasi kerusakan bahan baku produksi yang disimpan di dalam gudang. Menariknya lagi, di sini juga mempelajari perhitungan ongkos logistik hingga logistic business and information system yang terpadu.

See also  5 Daftar Universitas Jurusan Arsitektur di Bandung dan Sekitarnya Terbaik

Sebenarnya, apa tujuan dari belajar ilmu tentang logistik ini? Tidak lain karena ternyata banyak aplikasi dalam dunia kerja yang melibatkan perhitungan logistik. Di antaranya mengukur tingkat efisiensi perjalanan produk dari tempat asal ke tempat tujuan, pengadaan, penyediaan, dan penyimpanan bahan baku. Serta transportasi dan juga proses pengemasan barang yang diperlukan oleh perusahaan. Dari hal tersebut, maka seorang lulusan dari universitas jurusan Logistik sangat diperlukan!

Daftar Universitas yang Sedia Jurusan Logistik

Meski terbilang berprospek besar, faktanya masih sedikit jurusan logistik ini di Indonesia. Sebagai awalan, menurut data dari SCI atau Supply Chain Indonesia, kini hanya terdapat 4 kampus yang membuka jurusan logistik. Di mana lokasinya masih terdapat di 2 kota, yaitu Bandung dan Jakarta, yakni:

1. Politeknik APP

Kampus Politeknik APP menjadi salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan Manajemen Logistik Industri Elektronika. Kampus yang terletak di ibukota Jakarta ini membuka jenjang D3 dengan jurusan tersebut. Tentunya ini bisa menjadi rujukan bagi mahasiswa yang datang dari dalam maupun luar daerah. Mengingat, lokasinya yang strategis dan dekat pusat kemajuan logistik, membuat para lulusan tidak bingung mencari peluang kerja nantinya.

See also  6 Universitas Swasta Di Sumatera Utara Terbaik

2. Politeknik Pos Indonesia

Selain Politeknik APP, terdapat kampus lainnya yang memiliki jurusan Logistik Bisnis. Ya, jawabannya adalah Politeknik Pos Indonesia yang menyediakan jenjang  tingkat D3 dan tingkat D4. Lokasi dari kampus ini yaitu berada di Bandung, Jawa Barat. Di sini para mahasiswa akan banyak belajar tentang ilmu dasar hingga terapan yang berkaitan dengan urusan logistik.

3. STIMLOG

Kampus yang memiliki kepanjangan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia ini membuka jurusan Manajemen Logistik. Jenjang yang ditawarkan adalah program studi S1 yang membuat mahasiswa belajar secara intensif mengenai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan logistik. Tertarik untuk kuliah di kampus STIMLOG? Maka bisa segera mencarinya di kota kembang, Bandung!

See also  5 Daftar Kampus D4 Kebidanan Akreditasi B yang Banyak Diincar

4. STMT

Kampus STMT juga dikenal dengan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti ini juga tersedia jurusan berkaitan dengan logistik. Mulai dari D3, S1, hingga S2 program studi Logistik dan Material. Tentu saja di dalamnya akan mempelajari aspek-aspek mendasar berkaitan dengan logistik. Menariknya lagi, para mahasiswa diberikan kurikulum mutakhir sesuai kebijakan perguruan tinggi. Adapun jika tertarik dengan kampus ini, maka berlokasi di wilayah Tangerang.

Demikian tadi pembahasan seputar universitas jurusan logistik yang ada di Indonesia. Jurusan ini kini menjadi pilihan yang patut untuk dipertimbangkan. Lantaran, semakin hari, urusan logistik menjadi hal yang kian penting. Sehingga ketersediaan tenaga ahli di bidangnya akan semakin diperlukan. Tentunya itu membuka prospek kerja yang tiada habisnya**

Leave a Reply

Your email address will not be published.