5 Universitas Swasta di Papua Terbaik

5 Universitas Swasta di Papua Terbaik - pendidikanutama.com
5 Universitas Swasta di Papua Terbaik - pendidikanutama.com

Papua menjadi salah satu provinsi yang pembangunan pendidikannya sedang dipercepat. Besar harapan perkembangan pendidikan di Bumi Cendrawasih ini akan membantu mengembangkan potensi anak Papua nantinya. Pertumbuhan pendidikan ini salah satunya disokong oleh pelbagai universitas swasta di Papua.

Daftar 5 Universitas Swasta di Papua Terbaik

Kerennya, universitas tersebut punya beragam jurusan penting yang sangat dibutuhkan di era ini, seperti yang terdapat pada beberapa perguruan berikut:

1. Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Pertama akan dibahas salah satu universitas yang dapat menjadi rujukan calon mahasiswa yaitu Universitas Sains dan Teknologi Jayapura. Dalam perjalanannya kampus ini telah beberapa kali melakukan pergantian nama sebelum menyandang nama yang sekarang. Dulunya ia bernama STTJ yaitu Sekolah Tinggi Teknik Jayapura, kemudian berganti Institut Sains dan Teknologi Jayapura, baru ke bentuk universitas.

Di Papua sendiri universitas ini dikenal sebagai kampus yang memiliki mahasiswa cukup banyak. Mahasiswa-mahasiswa tersebut tersebar di beberapa program studi, mulai dari Teknik Industri dan Kebumian, Teknik Geologi, hingga Teknik Sipil.

See also  Pengertian LTMPT, SNMPTN atau SBMPTN? Jadwal Lengkap SNMPTN 2022 dan SBMPTN 2022

2. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua

Selanjutnya yang akan dibahas adalah Institut Seni yang ada di Papua. Awal mula berdirinya adalah pada tanggal 8 Maret 2012 sesuai dengan SK dari Mendikbud. SK ini hasil persiapan panjang pendirian ISBI yang dimulai sejak tahun 2012. Usulan pendirian Institut ini mendapat sambutan baik dari Pemda, Rektor Universitas Cenderawasih hingga berbagai budayawan dan seniman.

Peresmian Institut ini bersamaan dengan ulang tahun TNI yang ke-69 di Markas ARmatim Surabaya. Saat itu presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan penandatanganan plakat 12 perguruan tinggi baru di Indonesia yang salah satunya adalah ISBI Tanah Papua.

Saat ini total ada 5 program studi yang dapat ditempuh di ISBI Tanah Papua. Mulai dari program studi Seni Tari, Seni Rupa Murni, DKV, Seni Musik, hingga Kriya Seni. Perlahan tapi pasti, ISBI Tanah Papua pun berkembang dan siap menampung mahasiswa-mahasiswa baru yang tertarik dengan dunia seni.

See also  Definisi Operasional dan Cara Membuatnya

3. Universitas Yapis Papua

Universitas swasta di Papua yang selanjutnya adalah Universitas Yapis Papua. Ini menjadi salah satu universitas tertua di Tanah Papua. Berlokasi di Jayapura, universitas ini telah berdiri sejak tahun 1963. Dalam perjalanan panjang lebih dari 58 tahun tersebut, embrio Universitas Yapis berkembang bertahap.

Saat ini terdapat jenjang pendidikan sarjana dan pascasarjana yang dibuka di Universitas Yapis Papua. Di jenjang sarjana terdapat beberapa program studi yang dapat dipilih calon mahasiswa baru. Mulai dari program Studi Manajemen, Budidaya Perairan hingga Program Studi Sistem Informasi. Untuk program pasca sarjana terdapat Magister Manajemen dan Magister Hukum yang dapat ditempuh.

4. Sekolah Tinggi Biosains Swadiri

Bagi calon mahasiswa yang berminat dengan dunia Biosains dapat menjadikan Sekolah Tinggi Biosains Swadiri sebagai salah satu rujukannya. Sekolah Tinggi ini sudah berdiri sejak tahun 2019. Sesuai dengan SK Dikti Nomor 245/KPT/I/2019 yang mengesahkan pendirian sekolah tersebut.

See also  Rekomendasi Universitas Jurusan Sekretaris S1 Terbaik

Kampus ini hadir sebagai wadah inkubator bisnis bagi mahasiswa yang ingin membuat produk dari sumber daya alam hayati. Nantinya, ide produk tersebut dikembangkan melalui serangkaian proses penelitian hingga pengolahan sebelum nanti siap dipasarkan.

5. Politeknik Amamapare

Berdiri sejak tahun 2002 Politeknik Amamapare memiliki 4 program studi jenjang Diploma III. Mulai dari Teknik Elektro, Pertambangan, Mesin, hingga Sipil, dapat ditemukan di Politeknik ini. Sejak pertama kali berdiri hingga tahun 2018, politeknik ini telah melakukan 7 kali prosesi wisuda untuk melepas mahasiswa-mahasiswanya yang berhasil lulus.

Seiring berjalannya waktu berbagai upaya terus dilakukan untuk mengembangkan Politeknik Amamapare. Salah satunya dengan membangun ruang kuliah baru serta menambah berbagai fasilitas yang ada.

Itulah daftar 5 universitas swasta di Papua yang dapat menjadi rujukan calon-calon mahasiswa baru. Pilih universitas yang sesuai dengan minat dan dasar keilmuan yang dipunya. Jangan lupa juga pertimbangkan akreditasi serta prospek jurusan yang akan dipilih, agar lebih terarah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.