5 Universitas yang Ada Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

5 Universitas yang Ada Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia - pendidikanutama.com
5 Universitas yang Ada Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Jurusan Teknik informatika menjadi program studi yang banyak peminatnya dengan prospek kerja yang bagus. Apalagi di zaman sekarang di mana teknologi berkembang pesat, akan sangat membutuhkan orang-orang yang memiliki ilmu dan skill mengenai TI ini.

5 Universitas yang Ada Jurusan Teknik Informatika Terbaik

Ada banyak sekali universitas TI yang memiliki kualitas bagus. Seperti beberapa universitas yang ada jurusan Teknik Informatika berikut ini:

1. Institut Teknologi Bandung

Universitas yang ada jurusan Teknik Informatika yang pertama ada Institut Teknologi Bandung. Sebelum mahasiswa belajar Teknik Informatika di ITB, akan diharuskan masuk ke Sekolah Teknik Elektro dan Informatika selama satu tahun. Untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar di sana hanya dapat melalui dua jalur saja, yaitu SBMPTN dan SNMPTN.

Tidak tersedia untuk jalur mandiri atau seleksi mandiri. Untuk data peluang masuk jalur SBMPTN termasuk ketat juga, namun setiap tahun keketatan prodi selalu berubah-ubah. Maka dari itu, calon mahasiswa harus memantau dan mempertimbangkannya. Untuk kisaran biaya kuliah di ITB, kurang lebih sepuluh juta per semesternya.

See also  5 Jurusan Sepi Peminat di UNY yang Potensial

2. ITS Surabaya

Jurusan Teknik informatika di ITS termasuk jurusan terbaik dengan akreditasi A. Program studi Teknik Informatika di ITS termasuk ke dalam fakultas Teknologi Informasi. Untuk pendaftarannya di ITS membuka seleksi mandiri, namun dengan hasil nilai dari SBMPTN. ITS hanya terdapat program studi dengan rumpun saintek.

Persaingan di sini juga cukup ketat, apalagi mengingat kampus ini termasuk empat besar kampus terbaik setelah ITB. Sehingga, akan ada banyak sekali peminatnya untuk masuk. Nah, untuk kisaran biaya kuliah di ITS, terdapat dua golongan yang berdasarkan jalur masuknya.

Jika jalur masuk awal dengan jalur SBMPTN dan SNMPTN, maka biayanya dari Rp. 500 ribuan sampai sekira Rp. 7,5 jutaan. Sedangkan penggolongan selanjutnya yaitu lewat jalur mandiri, dengan biaya awal masuk sebesar Rp. 75 juta dan untuk per semesternya berkisar Rp. 7,5 juta.

3. Universitas Atma Jaya di Yogyakarta

Universitas yang ada jurusan Informatika selanjutnya ada Universitas Atma Jaya. Bagi calon-calon mahasiswa yang akan memilih prodi Teknik Informatika, di sana membuka empat jalur masuk. Empat jalur tersebut antara lain jalur unggulan yaitu dilihat dari ranking, nilai rapor dan prestasi, jalur Antara yaitu tes sebelum adanya UN, reguler, dan  seleksi siswa berprestasi.

See also  4 Fakultas Universitas Terbuka yang Paling Diminati

Namun, untuk seleksi siswa berprestasi hanya diperuntukkan untuk calon-calon mahasiswa yang beragama Katolik. Untuk biaya kuliah di sana berkisar kurang lebih Rp. 66 juta yang sudah dirinci selama delapan semester.

4. Universitas Padjajaran

UNPAD juga merupakan universitas negeri yang memiliki banyak peminat di jurusan Teknik Informatika, dengan akreditasi A. Tingkat keketatannya pada tahun 2019  yaitu 3,61 persen, dengan rincian sejumlah 1,328 yang mendaftar hanya 41 orang yang diterima. Peluangnya cukup kecil, namun hal itu tidak membuat berkecil hati karena keketatan dapat berubah setiap tahunnya.

Untuk dapat masuk ke sana bisa dengan tiga jalur yaitu lewat nilai SNMPTN, hasil SBMPTN, dan lewat Mandiri. Biaya kuliah di sana pun variatif, namun di sana juga menyediakan berbagai beasiswa. Mahasiswa juga dapat mengajukan beasiswa bidikmisi maupun KIP kuliah yang telah disediakan oleh pemerintah.

See also  Pengertian LTMPT, SNMPTN atau SBMPTN? Jadwal Lengkap SNMPTN 2022 dan SBMPTN 2022

5. Universitas Telkom di Bandung

Universitas Telkom menjadi pilihan universitas yang ada jurusan Teknik Informatika. Program studi Teknik Informatika di sana memiliki tujuan untuk menciptakan SDM yang mumpuni di bidang information communication technologi. Jalur masuknya ada banyak dari prestasi, mandiri, dan lainnya. Universitas Telkom termasuk universitas swasta yang mempunyai kredibilitas tinggi dengan kualitas yang bagus.

Biaya kuliah di sana untuk awal masuk mahasiswa membayar Rp. 25 juta dan untuk per semesternya sebesar Rp. 9 juta. Namun, banyak juga beasiswa yang disediakan di sana, karena Telkom banyak MOU dengan perusahaan-perusahaan besar yang siap membiayai kuliah. Tentunya, dengan persyaratan dan ketentuan-ketentuan yang ada.

Nah, itu tadi pemaparan mengenai universitas yang ada jurusan Teknik Informatika. Sebelum mendaftar pastikan dahulu biaya dan segala hal mengenai universitas yang akan dipilih. Agar nantinya bisa mempersiapkan diri dari nilai, materi, dan kesiapan secara mental maupun finansial**

Leave a Reply

Your email address will not be published.