5 Jurusan Ilmu Gizi di Universitas Swasta Indonesia

5 Jurusan Ilmu Gizi di Universitas Swasta Indonesia - pendidikanutama.com
5 Jurusan Ilmu Gizi di Universitas Swasta Indonesia - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Menentukan jurusan di universitas memang sedikit membingungkan, ada yang memiliki peminat yang cukup banyak dan ada juga yang tidak. Seperti jurusan ilmu gizi yang selalu memiliki peminat yang membludak di setiap tahunnya. Tak ayal jika banyak juga calon mahasiswa baru yang memilih jurusan ilmu gizi di universitas swasta walaupun biayanya cukup mahal. 

5 Jurusan Ilmu Gizi di Universitas Swasta Indonesia Terbaik

Beberapa universitas swasta di Indonesia memang menyediakan jurusan yang sama dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Sama halnya dengan jurusan ilmu gizi yang ada di universitas swasta yang akan dibahas di bawah. Berikut beberapa ulasan universitas swasta yang menyediakan jurusan ilmu gizi:

1.    Universitas Muhammadiyah Semarang

Universitas swasta yang berlokasi di Jawa Tengah ini menyediakan jurusan ilmu gizi. Perguruan swasta ini bisa menjadi pilihan calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya di jurusan ilmu gizi yang bagus. Materi yang diajarkan yaitu tentang nutrisi,  zat gizi yang dibutuhkan tubuh, keterkaitan gizi dengan kesehatan tubuh, dan lainnya.

Fasilitas yang didapatkan mahasiswa selama menempuh pendidikan di sini juga cukup lengkap. Seperti adanya laboratorium praktik,  perpustakaan, gedung serba guna, gedung olahraga, dan masih banyak lagi. Biaya selama mengikuti pembelajaran di kampus ini juga tidak begitu mahal, mahasiswa juga bisa memperoleh beasiswa untuk meringankan biaya. 

See also  5 Universitas Swasta di Aceh yang Paling Terbaik

2.    Universitas Muhammadiyah Surakarta

Perguruan tinggi swasta yang menyediakan jurusan ilmu gizi selanjutnya ialah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas ini dibangun pada tahun 1981 di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah Surakarta. Jurusan ilmu gizi di Universitas ini telah memperoleh akreditasi A pada tahun 2020 dari BAN-PT yang berlaku sampai tahun 2025.

Sama halnya kampus lainnya fasilitas yang disediakan di kampus ini cukup lengkap. Seperti laboratorium diagnosis dan konsultan gizi,  laboratorium mikrobiologi,  laboratorium gizi,  dan masih banyak lagi. Lulusan jurusan ilmu gizi dari Universitas ini memiliki kepribadian yang mahir dalam dunia IPTEK, islami, dan mampu menerapkan ilmu gizi untuk bersama. 

3.    Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas yang terletak di Jalan Limau 2, Kemayoran Baru, Jakarta Selatan ini memiliki 41 program studi salah satunya ilmu gizi. Jurusan ilmu gizi di universitas swasta ini masuk ke rumpun ilmu-ilmu kesehatan. PTS ini juga telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

See also  5 Universitas Jurusan Radiologi di Indonesia yang Wajib Diketahui

Di universitas ini banyak membuka banyak program beasiswa bagi mahasiswa. Ada beberapa beasiswa yang dapat dipilih seperti beasiswa bidik kader prestasi, beasiswa khusus,  beasiswa berprestasi, dan beasiswa hafiz Al-Qur’an.

4.    Universitas Esa Unggul 

Kampus yang dibangun pada tahun 1986 ini memiliki empat lokasi kampus yang berbeda. Kualitas pendidikannya pun sudah diakui dengan adanya akreditasi A yang diperoleh jurusan ilmu gizi dari BAN-PT. Jadi sudah tidak ragu lagi untuk bersekolah di universitas swasta ini dengan kualitas pendidikan yang baik.

Fasilitas yang dimiliki kampus juga cukup lengkap mulai dari laboratorium pengolahan pangan,  klinik, laboratorium mikrobiologi, dan fasilitas non akademik lainnya. Biaya yang cukup mahal bisa diakali dengan cara mendaftarkan beasiswa yang diadakan dari kampus maupun dari luar kampus. 

5.    Universitas Binawan

Kampus swasta menyediakan jurusan ilmu gizi ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena telah terakreditasi A. PTS ini dibangun pada tahun 2000 di daerah Jakarta Timur yang memiliki lokasi yang strategis. Mahasiswa akan mempelajari ilmu tentang dunia gizi seperti keseimbangan asupan gizi dalam tubuh, kandungan gizi dalam makanan,  dan lainnya. 

See also  4 Daftar Jurusan di UTY Fakultas Humaniora Untuk Jenjang S1

Fasilitas yang dimiliki kampus ini juga lengkap mulai dari laboratorium mikrobiologi, laboratorium patologi,  laboratorium kimia,  dan masih banyak lagi. Fasilitas non akademik juga disediakan untuk mahasiswa seperti gedung olahraga, pusat kegiatan mahasiswa, dan lainnya. 

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tidak selalu harus ke universitas negeri. Perguruan tinggi swasta atau PTS juga banyak yang menyediakan jurusan yang sama seperti di kampus negeri. Seperti jurusan ilmu gizi di universitas swasta yang sudah banyak mendapatkan akreditasi A dalam di ranah akademiknya** 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *