Peluang Karir Lulusan S1 Manajemen Transportasi Paling Menarik

Peluang Karir Lulusan S1 Manajemen Transportasi - pendidikanutama.com
Peluang Karir Lulusan S1 Manajemen Transportasi - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Manajemen Transportasi merupakan jurusan kuliah yang jarang terdengar di Indonesia. Meskipun demikian, ternyata manajemen transportasi memiliki prospek karir yang menjanjikan. Hal ini disebabkan karena Indonesia adalah negara luas dan rakyatnya membutuhkan berbagai jenis transportasi guna mengunjungi daerah yang satu ke daerah yang lain. Itulah sebabnya kenapa lulusan jurusan ini dibutuhkan.

Karir Lulusan S1 Manajemen Transportasi

Berikut adalah peluang karir lulusan D3 dan S1 Manajemen Transportasi yang perlu diketahui:

1. Manajer Transportasi

Manajer transportasi bisa menjadi pilihan pertama dalam melanjutkan karir bagi lulusan S1 Manajemen Transportasi. Di sini, pekerja nantinya akan bertugas untuk merencanakan, memberi pengarahan, saling berkoordinasi dan melakukan monitor pengawasan mengenai pengoperasian transportasi. Tentu saja hal ini memerlukan skill, ketelitian, kemampuan berhubungan dengan orang lain dan berorganisasi yang baik.

2. Ahli Teknik Transportasi

Peluang karir berikutnya yang dapat dipilih oleh lulusan S1 Manajemen Transportasi adalah ahli teknik transportasi. Pekerjaan ini membutuhkan seseorang yang mampu mengembangkan berbagai rencana yang berkaitan dengan proyek transportasi berdasarkan standar teknik yang ada serta sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

See also  5 Daftar Kampus D4 Kebidanan Akreditasi B yang Banyak Diincar

Tak hanya itu saja, seorang ahli teknik transportasi perlu menyiapkan desain, spesifikasi serta memperkirakan sarana transportasi. Lalu, pekerja juga akan menangani perencanaan modifikasi jalan di Indonesia supaya arus lalu lintas menjadi lancar dan dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit diakses.

3. Biro Travel

Lulusan manajemen transportasi juga dapat memilih berkarir sebagai pebisnis biro travel. Setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, para lulusan pun pastinya akan mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang telah dipelajarinya. Dengan bekal tersebut serta koneksi yang dimiliki maka setelah lulus dapat mendirikan bisnis biro travel sendiri.

Bisnis ini memiliki peluang yang menjanjikan asalkan mampu mengelolanya dengan baik. Hal ini dikarenakan sangat banyak lokasi wisata yang tersebar di berbagai wilayah untuk dikunjungi. Dengan wawasan yang ada, maka lulusan manajemen transportasi pun dapat mengetahui cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan puas dan nyaman.

See also  Pengertian LTMPT, SNMPTN atau SBMPTN? Jadwal Lengkap SNMPTN 2022 dan SBMPTN 2022

4. Perencana Transportasi

Pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh lulusan manajemen transportasi adalah sebagai perencana transportasi. Seorang perencana transportasi haruslah memiliki kemampuan analisa yang baik serta teliti. Nantinya, perencana transportasi akan bekerja untuk mengumpulkan berbagai data seputar transportasi, menyatukannya lalu menganalisa data tersebut.

Perencana transportasi juga perlu mempelajari cara menggunakan dan mengoperasikan sistem transportasi. Tak hanya itu saja, seorang perencana transportasi akan bekerja untuk mengembangkan berbagai model beserta simulasi transportasi yang akan berpengaruh terhadap kemajuan transportasi di masa depan.

5. Pegawai Negeri Sipil

Berikutnya, lulusan manajemen transportasi dapat pula melamar sebagai ASN di Dirjen Perhubungan. Diketahui, setiap tahun pemerintah membuka peluang bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai pegawai negeri yang akan mengabdi di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan begitu, lulusan dari manajemen transportasi pun bisa mencoba mengikuti seleksi menjadi staf di lembaga pemerintah khususnya Dirjen Perhubungan sesuai dengan jurusan.

See also  4 Daftar Jurusan di UTY Fakultas Humaniora Untuk Jenjang S1

6. Dosen

Seorang lulusan manajemen transportasi dapat melanjutkan pendidikannya lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Setelah itu, lulusan pun bisa mendaftar sebagai pengajar yang berkontribusi terhadap pendidikan generasi selanjutnya. Dengan menjadi dosen, lulusan pun akan dapat menyalurkan kembali ilmunya kepada orang lain.

Begitulah prospek kerja yang dapat dipertimbangkan oleh lulusan D3 maupun S1 manajemen transportasi yang tentunya sangat menarik. Bila tertarik untuk mengambil pendidikan di jurusan ini, maka bisa membidik sejumlah perguruan tinggi, dari swasta hingga negeri yang menyediakan jurusannya. Semisal ITS Surabaya, Universitas Maritim AMNI di Semarang, STIE IEUpaweda, dan berbagai perguruan tinggi yang lainnya**

Leave a Reply

Your email address will not be published.