6 Kampus yang Memiliki Jurusan Fisioterapi Akreditasi A di Indonesia

6 Kampus yang Memiliki Jurusan Fisioterapi Akreditasi A di Indonesia - pendidikanutama.com
6 Kampus yang Memiliki Jurusan Fisioterapi Akreditasi A di Indonesia - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Fisioterapi adalah satu dari sekian program studi yang bergelut di bidang kesehatan dan mempunyai peluang kerja yang bagus. Studi  ini berhubungan dengan anatomi dan alat gerak manusia seperti otot, tulang, dan persendian. Jurusan fisioterapi ini sangat cocok bagi yang ingin belajar mengenai anatomi tubuh. Meski memiliki peluang kerja bagus, peminat jurusan ini masih sedikit sehingga tidak terlalu populer dibanding jurusan lain. Selain itu, jurusan fisioterapi akreditasi A di Indonesia juga belum banyak.

6 Kampus yang Memiliki Jurusan Fisioterapi Akreditasi A

Berikut adalah beberapa kampus di Indonesia yang memiliki jurusan fisioterapi terbaik dan sudah terakreditasi:

1.  Universitas Muhammadiyah Surakarta

UMS adalah universitas yang terletak di Surakarta Jawa Tengah. Kampus UMS adalah kampus yang memiliki program studi Fisioterapi untuk jenjang S-I. Diketahui, UMS memiliki jurusan Fisioterapi akreditasi A yang menjadi satu-satunya di Indonesia saat ini. Hal ini menandakan bahwa kualitasnya sangat baik. Fisioterapi UMS mendapatkan sertifikat akreditasi A sejak tahun 2017 lalu hingga 2023 nanti.

See also  Peluang Karir Lulusan S1 Manajemen Transportasi Paling Menarik

Bagi calon mahasiswa yang ingin memilih masuk ke jurusan Fisioterapi maka kampus UMS bisa menjadi pilihan. Calon mahasiswa bisa mendaftar melalui website resminya atau mendatangi kampusnya secara langsung untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

2. Universitas Indonesia

Lokasi utama dari Universitas ini adalah di Depok. Universitas Indonesia atau UI memang sudah dikenal sebagai Universitas yang memiliki akreditasi A dan sering masuk Top 3 Universitas terbaik di Indonesia. Di sini calon mahasiswa yang tertarik di bidang anatomis tubuh manusia bisa mendaftar program D-III vokasi UI.

Walaupun belum menjadi jurusan Fisioterapi akreditasi A namun, Fisioterapi UI tidak bisa diremehkan. Kurikulumnya menerapkan lebih banyak praktek dibandingkan dengan teori sehingga lebih siap terjun langsung. Kemudian, juga menyediakan sertifikasi kompetisi sehingga lulusan pun siap kerja.

3. Universitas Udayana

Selanjutnya adalah Universitas Udayana yang ada di Bali. Bali sendiri merupakan sebuah pulau yang dikenal akan pariwisatanya hingga ke mancanegara. Dengan banyaknya wisatawan yang datang maka jasa Fisioterapis pun sangat dibutuhkan guna memanjakan para turis yang berlibur dari penatnya pekerjaan.

See also  5 Jurusan Ilmu Gizi di Universitas Swasta Indonesia

Jurusan Fisioterapi Unud memiliki misi untuk menghasilkan Fisioterapis yang modern, inovatif, mengabdi kepada masyarakat guna meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan. Khususnya yang terdapat di kawasan wisata pulau Dewata maupun sekitarnya.

4. Universitas Airlangga

Universitas yang ada di Surabaya ini juga menyediakan program vokasi untuk orang-orang yang tertarik dengan bidang  fisioterapi. Sama seperti UI, Unair juga belum mendapatkan jurusan fisioterapi akreditasi A dan masih masuk B. Meski begitu, Unair tetap menjadi salah satu kampus yang memiliki jurusan Fisioterapi terbaik bagi calon mahasiswa.

Setelah mahasiswa lulus dari sini nantinya akan mendapatkan gelar Ahli Madya yang memiliki kemampuan untuk bekerja di bidang medis untuk memulihkan gerak tubuh pasien.

5. Universitas Hasanuddin

Unhas juga memiliki program studi Fisioterapis. Mahasiswa yang berhasil lulus nantinya akan mendapatkan gelar S.Ft dari kampus ini dan bisa bekerja di berbagai tempat sebagai terapis. Untuk menjadi mahasiswa di sini, maka pendaftar bisa mencoba 3 jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN serta seleksi lokal.

See also  5 Universitas Swasta di Aceh yang Paling Terbaik

6. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas swasta yang terkenal di Malang ini juga bisa menjadi opsi pilihan untuk mendaftar kuliah di jurusan Fisioterapis. Kampus ini juga dilengkapi dengan berbagai laboratorium tempat praktikum bagi mahasiswa Fisioterapi untuk menunjang pendidikannya. Selain itu, lulusannya pun memiliki peluang kerja yang cukup luas.

Demikianlah daftar kampus yang memiliki program studi Fisioterapi yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa. Meskipun sebagian besar dari kampus di atas belum termasuk jurusan Fisioterapi akreditasi A namun tetap masuk sebagai yang terbaik. Lulusan Fisioterapi nantinya akan memiliki prospek kerja yang bagus karena banyak yang membutuhkan. Misalnya tempat fitness, klub olahraga, klinik, akademisi, rumah sakit, ataupun membuka praktek mandiri**

Leave a Reply

Your email address will not be published.