6 Universitas Swasta Di Sumatera Utara Terbaik

6 Universitas Swasta Di Sumatera Utara Terbaik - pendidikanutama.com
6 Universitas Swasta Di Sumatera Utara Terbaik - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Kualitas pendidikan di Sumatera Utara setiap tahun semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya universitas swasta di Sumatera Utara yang memiliki kualitas baik. Ada banyak sekali jenis universitas swasta yang ada di provinsi ini mulai dari Institut, universitas, sampai politeknik.

6 Universitas Swasta Di Sumatera Utara Terbaik dan Terkenal

Banyaknya universitas swasta di Sumatera Utara ini tidak membuat kualitas pendidikannya biasa saja. Namun, perguruan tinggi swasta ini memiliki akreditasi yang tidak kalah dengan universitas negeri. Peminatnya juga tidak kalah banyak dengan universitas negeri di setiap tahunnya. Berikut beberapa universitas swasta terbaik di Sumatera Utara:

1. Universitas Medan Area

Universitas swasta yang dibangun pada tahun 1983 ini sudah menjadi universitas resmi pada tahun 1984. Keputusan ini telah ditetapkan oleh surat keputusan pendidikan dan kebudayaan RI tahun 1984. UMA memiliki 7 fakultas dengan 20 jurusan, tiga berakreditasi A, akreditasi B dimiliki oleh 16 jurusan, dan sisanya akreditasi C. Untuk jenjang gelar S1 memiliki 16 prodi, S2 4 prodi, dan 1 program doktoral.

See also  5 Universitas yang Ada Jurusan Psikologi dengan Akreditasi A

2. Universitas Prima Indonesia (Unpri)

Universitas yang berada di Kota Medan ini dulunya merupakan akademi keperawatan dan kebidanan prima. Akademi ini didirikan pada tahun 2001 kemudian pada tahun 2005 diubah nama menjadi Universitas Prima Indonesia atau yang sering disingkat Unpri. 

Universitas ini tidak hanya memiliki fakultas bidang kesehatan saja namun ada fakultas yang lainnya seperti fakultas ekonomi, teknologi, dan hukum. Kampus swasta ini memiliki 10 fakultas dengan 28 prodi. Tidak hanya program sarjana S1, kampus ini menyediakan program pasca sarjana sebanyak 10 prodi.

3. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Universitas Muhammadiyah ini didirikan pada tahun 1957 di bawah persyarikatan Muhammadiyah Medan. UMSU merupakan universitas swasta di Sumatera Utara favorit yang terakreditasi A dari BAN-PT. Kampus swasta yang berasas Islam ini berlokasi di Jalan Kapten Muchtar Basri, Kota Medan.

Perguruan tinggi ini memiliki 9 fakultas dengan 28 prodi S1 dan 8 prodi untuk pasca sarjana. Fakultas dan program studi di kampus ini tidak hanya tentang keagaman saja. Seperti fakultas hukum, pertanian, ekonomi dan bisnis, teknik, ilmu komputer, dan masih banyak lagi.

See also  6 Rekomendasi Universitas Jurusan Desain Interior yang Terbaik di Indonesia

4. Universitas Potensi Utama (UPU)

UPU merupakan universitas di bawah naungan yayasan potensi utama Medan. Sebelum dijadikan sebagai perguruan tinggi dulunya kampus ini merupakan kursus komputer dan bahasa Inggris. Kampus ini beralamat di Jl. Kl. Yos Sudarso, Kota Medan.

Perguruan tinggi swasta ini memiliki 16 fakultas dengan 16 jurusan S1 dan 1 untuk program pasca sarjana. Fasilitas yang disediakan juga termasuk kategori baik karena di bawah naungan yayasan.

5. Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB)

Perguruan tinggi yang mengangkat kebudayaan lokal ini didirikan pada tahun 1961. Kampus ini merupakan kampus favorit yang menempati peringkat ke 6 menurut UniRank. Universitas swasta ini berlokasi di Jalan Gatot Subroto Simpang Tj, Kota Medan.

Kampus swasta ini memiliki fakultas sebanyak 7 fakultas dengan 13 jurusan S1 dan 2 pasca sarjana. Fakultas-fakultas di UNPAB telah memperoleh akreditasi B dari BAN-PT. Untuk program studinya juga telah memiliki akreditasi.

See also  5 Universitas yang Ada Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

6. Universitas HKBP Nommensen (UHN)

Asal usul nama universitas ini diambil dari nama tokoh penyebar agama Kristen Protestan di Suku Batak pada abad 19. Kampus ini didirikan pada tahun 1954 yang berlokasi di Jalan Sutomo No 4A, Kota Medan. Kampus ini telah memiliki akreditasi sama seperti universitas Panca Budi yaitu akreditasi B dari BAN-PT.

Universitas ini memiliki 9 fakultas diantaranya fakultas pertanian, peternakan, ekonomi, hukum, kedokteran, teknik, dan lainnya. Untuk program studinya kampus ini memiliki 26 prodi, pasca sarjana ada 4 prodi, dan program doktoral 1 prodi.

Universitas swasta di Sumatera Utara tentu kualitas pendidikannya tidak kalah saing dengan kampus swasta di kota lainnya. Kampus-kampus swasta di Kota Medan ini juga telah mendapat akreditasi dari BAN-PT. Jadi perguruan tinggi swasta di Kota Medan ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk melanjutkan studi**

Leave a Reply

Your email address will not be published.