Daftar Kampus dengan Jurusan Teknik Pertambangan Akreditasi A dan B

Daftar Kampus dengan Jurusan Teknik Pertambangan Akreditasi A dan B - pendidikanutama.com
Daftar Kampus dengan Jurusan Teknik Pertambangan Akreditasi A dan B - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Setelah menyelesaikan jenjang sekolah menengah keatas, pasti ingin melanjutkan studi di jenjang yang lebih baik, sarjana ataupun yang lainnya. Namun, nyatanya dunia perkuliahan sangat beda dengan sekolah dulu. Maka dari itu pemilihan jurusan dalam perkuliahan sangat penting juga. Dibawah ini beberapa universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Teknik Pertambangan Akreditasi A dan B:

Jurusan Teknik Pertambangan di Indonesia dengan Akreditas A dan B

Mungkin sebagian besar orang sangat tidak familiar, pasalnya memang tidak semua kampus memiliki jurusan dan fakultas tersebut. Untuk mengenal lebih jelas mengenai fakultas ini maka ada baiknya para pembaca harus paham bahwa saat masuk program studi ini akan dibagi menjadi dua pilihan. Untuk pilihan yang pertama adalah tambang umum dan yang kedua adalah tambang eksplorasi. 

Adapun perbedaan diantara keduanya terletak pada teknik pertambangan yang dilakukan. Jika masuk pada Tambang Eksplorasi dimana jurusan ini lebih mengarah pada teknik yang menekankan pada eksplorasi berbagai sumber daya bumi. Sedangkan saat mahasiswa mengambil jurusan tambang umum akan lebih mengarah pada bagaimana teknik pertambangan mineral batuan. Langsung saja simak rekomendasi kampusnya!

See also  5 Jurusan Ilmu Gizi di Universitas Swasta Indonesia

1. UPN

Adapun jurusan teknik pertambangan akreditasi A yang akan dibahas pertama ada pada Universitas Pembangunan Nasional, Yogyakarta. Untuk teknik pertambangan sendiri masuk pada fakultas teknologi mineral. Pada fakultas ini ada banyak jurusan selain teknik pertambangan itu sendiri. Misalnya ada jurusan teknik perminyakan, Geologi, Geofisika dan banyak lainnya.

Bahkan kabar baiknya Universitas Pembangunan Nasional ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan. Jadi, para alumni ataupun mahasiswanya akan lebih mudah dalam melakukan pembelajaran mengenai teknik pertambangan. Pasalnya UPN sendiri telah menyiapkan jembatan untuk para mahasiswanya lebih paham seluk beluk dunia pertambangan langsung dengan masternya.

2. UNISBA

Selanjutnya ada universitas Islam Bandung. Walaupun sekilas dari namanya terlihat sebagai universitas dengan basic agama yang kuat, namun sebenarnya di dalam kampus ini terdapat teknik pertambangan juga. Jika dilihat dari status akreditasi, UNISBA memang masih tergolong berkategori berakreditasi B. 

See also  5 Daftar Kampus D4 Kebidanan Akreditasi B yang Banyak Diincar

Namun, semangat kampus ini tidak bisa diragukan. Pasalnya salah satu tujuan dari terbentuknya fakultas ini adalah ingin membentuk generasi yang ahli dalam bidang pertambangan. Namun, jiwa dan semangat Islamnya tidak pernah akan luntur juga. Sehingga diharapkan akan muncul sosok berwawasan, mandiri dan bisa mengikuti perkembangan jaman.

3. Trisakti Jakarta

Kampus terbaik selanjutnya yang memiliki jurusan teknik pertambangan terbaik ada di Trisakti Jakarta. Saat masuk jurusan ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana pengelolaan sumber daya alam dengan baik. Tentunya ini berkaitan dengan bidang pertambangan. Selain ilmu yang didapat, dijamin belajar disini akan nyaman karena fasilitas seperti gedung, serta para pengajar yang sudah kompeten.

4. UNSri

Selain yang disebutkan diatas ada juga Universitas Sriwijaya (Unsri). Untuk jurusan pertambangan tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya Universitas ini sudah diakui banyak orang menjadi salah satu universitas yang berprestasi. Untuk gedung dalam kegiatan belajar mengajar cukup luas dan besar sehingga akan membuat para mahasiswa lebih nyaman dalam belajar ditempat ini. 

See also  5 Pilihan Universitas Swasta di Lampung Paling Keren

Kemudian dari sudut sumber daya manusianya, jangan khawatir dosen atau tenaga pengajar yang ada disini semuanya telah berkompeten. Namun, untuk akreditasinya masih B. Akan tetapi jurusan ini selalu menunjukkan ke arah yang lebih baik. Sehingga bisa jadi, saat penilaian kelak akan bisa tempus pada akreditasi A. 

5. ITB 

Kampus teknik terkenal di Indonesia yang selanjutnya ada Institut Teknologi Bandung. Dimana kampus ini bisa dijadikan salah satu opsi saat hendak memilih kuliah teknik pertambangan akreditasi A. Untuk jurusan ini sendiri masuk pada Fakultas Pertambakan dan Perminyakan alias FTTM. 

Demikian itu beberapa universitas yang terdapat jurusan teknik pertambangan akreditasi A dan B. Tentunya dengan akreditasi A bisa dijadikan acuan bahwa memang jurusan tersebut bisa digunakan untuk menimba ilmu mengenai pertambangan dengan baik.**

Leave a Reply

Your email address will not be published.