7 Universitas Swasta di Jawa Tengah Terakreditasi

7 Universitas Swasta di Jawa Tengah Terakreditasi - pendidikanutama.com
7 Universitas Swasta di Jawa Tengah Terakreditasi - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Salah satu provinsi yang memiliki daya tarik kaum pelajar untuk melanjutkan pendidikan tinggi adalah Jawa Tengah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelajar dari berbagai daerah yang memilih provinsi ini sebagai tempat kuliah.

7 Universitas Swasta di Jawa Tengah Terakreditasi Baik

Seperti daerah lainnya, terdapat banyak universitas swasta di Jawa Tengah yang bisa dijadikan pilihan. Agar tidak salah menentukan, maka berikut informasi rekomendasinya:

1. Universitas Dian Nuswantoro

Kerap disapa dengan sebutan UDINUS, universitas ini telah memperoleh akreditasi BAN-PT sejak tahun 2017. Universitas yang berdiri sekitar 31 tahun yang lalui ini memiliki lima fakultas. Di antaranya, ada Fakultas Ilmu Budaya, Teknik, Ilmu Komputer, Kesehatan, serta Ekonomi dan Bisnis. Mahasiswa universitas ini pun tersebar dari seluruh penjuru daerah di Indonesia.

2. Universitas Islam Sultan Agung

Universitas swasta di Jawa Tengah yang kedua akan dibahas Universitas Islam Sultan Agung. Sebagian besar masyarakatnya sering menyebut dengan nama UNISSULA. Seperti universitas Dian Nuswantoro, universitas dengan 11 fakultas ini sudah terakreditasi BAN-PT dengan predikat A. Yakni di antaranya Agama Islam, Bahasa dan Ilmu Komunikasi, Ekonomi, Hukum, Ilmu Keperawatan, dan sebagainya.

See also  Pengertian Basa Krama Serta Contoh Penggunaannya

3. Universitas Katolik Soegijapranata

Menyandang gelar akreditasi dengan predikat A sejak tahun 2017 menjadikan Universitas Katolik Soegijapranata ini memiliki daya tarik tersendiri. Peminatnya dari tahun ke tahun pun semakin tinggi. Hal ini diimbagi pula dengan bertambahnya fakultas yang dibuka. Jika awalnya hanya ada 3 fakultas, kini Unika Soegijapranata sudah memiliki 9 fakultas. Seperti fakultas Psikologi, Hukum dan Komunikasi, Teknik, dan sebagainya.

4. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Sudah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT, UKSW menjadi salah satu universitas swasta di Jawa Tengah terbaik. Berbagai fakultas disediakan oleh pihak kampus untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan bagi para mahasiswanya. Universitas yang didirikan 1956 di Salatiga ini memiliki total empat belas fakultas. Seperti Biologi, Pertanian dan Bisnis, Ekonomika dan Bisnis, dan lainnya.

See also  5 Universitas Swasta di Aceh yang Paling Terbaik

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta atau Disebut UMS

Lalu, di urutan yang kelima ada UMS atau Universitas Muhammadiyah Surakarta. Seperti namanya, universitas yang ada sejak 1981 ini terletak di Surakarta, Jawa Tengah. Awalnya, namanya bukan UMS melainkan IKIP Muhammadiyah Surakarta. Seiring berjalannya waktu, nama itu pun kini sudah berganti sesuai dengan peningkatan layanannya.

Seperti universitas-universitas yang sudah dibahas, UMS juga telah berhasil meraih akreditasi BAN-PT di mana predikatnya ialah A. Untuk program studinya sendiri, ada yang memperoleh akreditasi B dan juga akreditasi A. Jumlah fakultas yang ada di UMS ini yaitu ada sejumlah 12 fakultas yang merupakan jenjang program Sarjana, tepatnya S1. Seperti Teknik, Farmasi, Hukum, dan jurusan urgent lainnya.

6. Universitas PGRI Semarang 

Universitas yang didirikan tahun 1981 ini juga berhasil mendapat akreditasi BAN-PT dengan peringkat B. Berbagai prestasi ditorehkan, dibuktikan dengan akreditasi yang diperoleh masing-masing program studi. Sebagian besar program studi sukses mendapatkan akreditasi B hingga akreditasi A. Sebagai informasi, Universitas PGRI Semarang memiliki tujuh fakultas di dalamnya. Dimulai dengan fakultas Hukum, Pendidikan, dan lainnya.

See also  6 Rekomendasi Universitas Jurusan Desain Interior yang Terbaik di Indonesia

7. Universitas Stikubank

Terakhir ada Universitas Stikubank yang berhasil memperoleh akreditasi BAN-PT berpredikat B pada tahun 2016. Kampus yang sudah resmi berdiri sejak 5 Juli 2001 ini sejatinya merupakan gabungan dari STIH Stikubank Semarang, STIBA, dan STMIK.

Perlu diketahui, terdapat lima fakultas yang disediakan oleh universitas untuk mewadahi mahasiswa sesuai dengan bakat dan minatnya. Adapun fakultas tersebut terdiri atas: Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya, Ekonomika dan Bisnis, Teknologi Informasi, dan Teknik.

Demikian pembahasan terkait apa saja universitas swasta di Jawa Tengah. Dari beberapa nama yang sudah disebutkan sebelumnya bisa menjadi referensi tempat kuliah bagi calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Menariknya, daftar-daftar tersebut sudah terakreditasi oleh BAN-PT, sehingga tentunya bisa menjadi pilihan universitas yang tepat.**

Leave a Reply

Your email address will not be published.