5 Universitas Jurusan Radiologi di Indonesia yang Wajib Diketahui

5 Universitas Jurusan Radiologi di Indonesia yang Wajib Diketahui - pendidikanutama.com
5 Universitas Jurusan Radiologi di Indonesia yang Wajib Diketahui - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Radiologi merupakan bagian dari ilmu di bidang kesehatan yang sangat dibutuhkan di dunia medis. Jurusan ini merupakan bagian dari bidang kedokteran yang biasanya menggunakan teknologi modern dalam melakukan tugasnya untuk mendiagnosa bagian tubuh manusia. Beberapa tugas yang dilakukan antara lain melakukan USG, MRI, Rontgen dan lain-lain.

5 Universitas Jurusan Radiologi di Indonesia

Ada beberapa Universitas jurusan Radiologi di Indonesia yang bisa dijadikan rujukan bila ingin melanjutkan pendidikan di bidang ini. Berikut ulasannya:

1. Universitas Indonesia

Rekomendasi Universitas jurusan Radiologi di Indonesia yang pertama adalah Universitas Indonesia atau UI. Di sini, Radiologi merupakan salah satu cabang departemen dari Fakultas Kedokteran. Para calon dokter spesialis Radiologi nantinya akan mendalami prosedur berupa pencitraan Radiologi untuk mendeteksi, menegakkan diagnosis serta terapi pada pasien.

Adapun mahasiswa Radiologi ini nantinya akan menghadapi delapan semester untuk menyelesaikan kurikulum yang ada. Keunikan dari departemen Radiologi UI sendiri ialah terdapat bidang Hybrid Radiologi dan Transplantasi Hepar yang memiliki daya saing. Serta memiliki beberapa rumah sakit tempat praktek, yang memiliki sarana prasarana yang lengkap.

See also  5 Cara Menulis Hasil Pembahasan

2. Universitas Padjadjaran

Unpad juga menjadi salah satu dari Universitas jurusan Radiologi di Indonesia lainnya. Program ini telah mendapatkan akreditasi A yang berarti sangat baik. Visi dari departemen ini sendiri yaitu menjadi departemen yang unggul, terpercaya, serta transformatif di bidang pelayanan, pendidikan, maupun penelitian.

Jurusan Radiologi banyak dijadikan tujuan di Unpad. Lantaran Radiologi memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pelayanan di rumah sakit. Itu membuat Radiografer menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan di dunia kesehatan. Sehingga akhirnya banyak yang tergiur dengannya dan menjadikannya incaran profesi masa depan.

3. Universitas Diponegoro

Berikutnya adalah Universitas Diponegoro. Universitas yang terletak di Semarang ini juga memiliki program spesialis di bidang Radiologi. Kemudian, berdasarkan SK tahun 2018, program spesialis radiologi Undip juga mendapatkan akreditasi A hingga masa kadaluarsanya di tahun 2023 mendatang.

See also  Pengertian Basa Krama Serta Contoh Penggunaannya

Hal ini tentunya menandakan kualitas dari pendidikan tersebut. Mahasiswa nantinya akan mempelajari mata kuliah tentang fisika radiasi, anatomi rontgen, radiologi system respirasi, urogenital, kardiovascular, radiofotografi dan masih banyak lagi. Sehingga akan menghasilkan lulusan yang unggul dan berkontribusi dalam dunia kesehatan!

4. Universitas Airlangga

Unair juga memiliki program studi Radiologi yang bisa dijadikan rujukan bagi calon mahasiswa. Program studi ini terdiri dari pendidikan vokasi dan ada pula program dokter spesialis. Untuk program spesialis terdapat beberapa divisi di antaranya Radiologi Abdomen dan Urogenital, Anak, Intervensional, Nuklir, Radioterapi dan lainnya.

Sedangkan untuk program vokasi berupa D4 Teknologi Radiologi Pencitraan. Di program vokasi ini, mahasiswa nantinya akan lebih sering melakukan praktek sehingga pengetahuan dan kemampuannya pun semakin terasah. Lulusannya pun dapat bekerja di berbagai rumah sakit sebagai Radiografer yang mumpuni.

See also  5 Jurusan Sepi Peminat di UNY yang Potensial

5. Universitas Gadjah Mada

Universitas jurusan Radiologi di Indonesia selanjutnya adalah UGM. Di universitas ini memang sangat dikenal oleh calon mahasiswa dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. UGM memiliki program pendidikan dokter spesialis Radiologi yang telah mengantongi akreditasi A saat ini. Selain itu, pendidikannya pun sesuai dengan kurikulum nasional dan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung termutakhir.

Prospek karir alumninya pun bagus. Alumni Radiologi bisa bekerja di berbagai rumah sakit milik pemerintah maupun swasta yang memberikan layanan Radiologis. Selain itu, alumni juga bisa bekerja sebagai peneliti maupun tenaga pendidik di bidang kesehatan.

Demikianlah beberapa rekomendasi Universitas jurusan Radiologi di Indonesia yang perlu diketahui bagi calon mahasiswa. Jadi bila tertarik dengan profesi Radiografer bisa mulai mengincar salah satunya. Yakni dengan belajar dan menyiapkan mental dan finansial dari sekarang, untuk mengikuti seleksinya nanti**

Leave a Reply

Your email address will not be published.