5 Daftar Kampus D4 Kebidanan Akreditasi B yang Banyak Diincar

5 Daftar Kampus D4 Kebidanan Akreditasi B yang Banyak Diincar - pendidikanutama.com
5 Daftar Kampus D4 Kebidanan Akreditasi B yang Banyak Diincar - pendidikanutama.com

PendidikanUtama – Jurusan kebidanan menjadi jurusan yang banyak diminati calon mahasiswa. Tak salah jika kampus dengan jurusan ini banjir pendaftar. Namun, calon mahasiswa baiknya tidak asal memilih jurusan Kebidanan, tapi pilih kampus dengan akreditasi jurusan Kebidanan yang jelas.

Daftar Kampus D4 Kebidanan Akreditasi B

Contohnya deretan kampus D4 Kebidanan akreditasi B  yang ada di bawah ini:

1. Institut Kesehatan Helvetia

Salah satu kampus D4 Kebidanan yang memiliki akreditasi B adalah Institut Kesehatan Helvetia. Kampus yang memiliki lokasi di Medan dan Pekanbaru ini memiliki beberapa jurusan seperti D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, S1 Gizi, S1 Farmasi hingga D4 Kebidanan.

Mahasiswa Kebidanan di Insitut Kesehatan Helvetia akan menempuh mata kuliah sebanyak 150 SKS bagi yang mendaftar melalui jalur SMA atau sederajat. Total SKS tersebut akan ditempuh dalam waktu 4 tahun dengan total 8 semester.

Berbeda dengan mahasiswa ekstensi dari jalur D3, mata kuliah yang akan ditempuh adalah sebanyak 40 SKS. Total SKS tersebut dapat ditempuh dalam waktu 2 semester atau 1 tahun. Perkuliahan dilakukan pada hari Jumat Sabtu dengan didukung sistem E-Learning, yang akan memudahkan mahasiswa luar kota untuk mengikuti perkuliahan.

See also  7 Cara Meringkas Jurnal dengan Benar

2. Universitas Nasional Jakarta

Bagi calon mahasiswa yang tinggal di Jakarta dan ingin berkuliah D4 Kebidanan dapat menjadikan Universitas Nasional Jakarta sebagai salah satu tujuannya. Terletak di Pejaten Pasar Minggu Jakarta, kampus ini siap menyediakan fasilitas terbaik bagi mahasiswa-mahasiswanya.

Keputusan LAM-PTKes tertanggal 24 Agustus 2019 juga menunjukkan D4 Kebidanan Universitas Nasional Jakarta masuk ke dalam status terakreditasi B. Surat keputusan ini menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan D4 di Universitas Nasional telah masuk dalam kategori Baik.

3. Universitas Kader Bangsa

Selanjutnya kampus D4 Kebidanan akreditasi B adalah Universitas Kader Bangsa. Mahasiswa-mahasiswa program studi D4 Kebidanan di universitas ini disiapkan untuk menjadi tenaga pendidik rumah sakit hingga Puskesmas, yang nantinya juga diharapkan dapat menjadi staf pengajar pada jenjang pendidikan tinggi.

See also  Pengertian Guru Wilangan dan Contoh Penerapannya

Mahasiswa Universitas Kader Bangsa akan diberikan berbagai fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar. Seperti fasilitas ruangan full AC, berbagai peralatan multimedia, serta ruang laboratorium yang lengkap, untuk melakukan praktikum-praktikum sesuai mata kuliah yang diampunya.

Proses belajar mengajar juga tidak hanya dilakukan di lingkungan kampus saja, melainkan dapat dilakukan di rumah sakit swasta maupun pemerintah yang memiliki kerjasama dengan Universitas Kader Bangsa. Kegiatan praktikum di luar kampus ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait dunia kesehatan secara langsung di lapangan.

4. STIKes Aisyah Pringsewu Lampung

Pembahasan selanjutnya hadir dari STIKes Aisyah Pringsewu yang telah mendapat akreditasi B dari Perkumpulan LAM-PTKes tertanggal Juni 2017 lalu. Terbitnya akreditasi B di kampus yang terkenal dengan nama kampus ungu ini, membuatnya selangkah lebih dekat dalam mewujudkan visinya. Yakni untuk menghasilkan lulusan Kebidanan profesional.

Nantinya mahasiswa dari jurusan D4 Kebidanan akan menempuh beberapa mata kuliah. Seperti Sistem Informasi Kesehatan, Pembelajaran Mikro, Biostatik serta berbagai mata kuliah lainnya. Selain itu, ada juga mata kuliah Praktik Kebidanan Klinik Komprehensif yang akan ditempuh di semester 8. Untuk menambah kualifikasi mahasiswanya.

See also  4 Daftar Jurusan di UTY Fakultas Humaniora Untuk Jenjang S1

5. Universitas Ubudiyah Indonesia

Dalam daftar kampus dengan akreditasi B selanjutnya ada Universitas Ubudiyah Indonesia. Berdasarkan surat keputusan 0819/LAM-PTKes/Akr/Dipl/XII/2017 akreditasi LAM-PTKes di Universitas Ubudiyah Indonesia meningkat menjadi B.

Hal ini menunjukkan jika kriteria dan syarat-syarat penilaian akreditasi B telah dipenuhi oleh Universitas Ubudiyah Indonesia. Salah satunya adalah dari segi prestasi dosen serta mahasiswa. Selain itu, proses belajar mengajar dan penelitian yang dilakukan juga dinilai memenuhi standar. Di sisi lain, hal ini juga menunjukkan meningkatnya kualitas program studi Kebidanan di UUI yang patut diperhitungkan!

Itulah deretan kampus D4 Kebidanan Akreditasi B yang dapat menjadi tujuan. Adanya akreditasi B menunjukkan jika kampus tersebut telah memiliki standar yang baik, dari segi kegiatan belajar mengajar maupun kualitas dosennya. Sehingga tidak perlu bimbang menentukan satu di antaranya**

Leave a Reply

Your email address will not be published.